Pembukaan Fondasi LRT Velodrome-Manggarai Jakarta Biaya Rp 5,5 Triliun, Pembangunan Rp 4,6 Triliun

TEMPO.CO, Jakarta – CEO PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Ivan Takvin mengatakan proyek tersebut sedang berjalan. LRT Jakarta Velodrome-Manggarai Fase 1B menelan biaya Rp5,5 triliun. Sebanyak Rp4,6 triliun dikeluarkan untuk biaya konstruksi yang bekerjasama dengan empat perusahaan.

Keempat perusahaan tersebut adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk; PT Nindya Karya (Persero); Sistem perkeretaapian PT LEN dan penggunaan bersama (JO).

“Macam-macam, biaya konstruksi, konsultan dan lain sebagainya. Jadi totalnya Rp 5,5 triliun, kata Dirut Jackpro Hal itu terjadi usai groundbreaking LRT Jakarta Fase 1B pada Senin, 30 Oktober 2023 di Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur.

Pada Tahap 1B, Jakpro akan menambah lima stasiun, yakni Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun BPKP Pramuka, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.

Panjang rute LRT Velodrome-Manggarai akan mencapai 6,4 kilometer, sedangkan jalur Tahap 1A akan mencapai 5,8 kilometer. Total panjang rute adalah 12,2 kilometer.

LRT Jakarta memasang target optimistis sebanyak 180.000 penumpang dan target realistis sekitar 80.000 hingga 100.000 penumpang per hari.

Periklanan

Pantauan Tempo di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, barikade dipasang di sepanjang jalan lokasi proyek. Tak hanya cagar alam, sejumlah peralatan konstruksi dan petugas juga sudah mulai bekerja, termasuk sterilisasi jalur.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menargetkan pembangunan Jalan Terpadu (LRT) Velodorome-Manggarai Jakarta Tahap 1B bisa selesai dalam waktu tiga tahun.

Pembangunannya dilakukan selama 36 bulan, kata Syafrin, ANTARA, Kamis 5 Oktober 2023.

Dia mengatakan, batas waktu pembangunan LRT Jakarta Velodrome-Manggarai sudah diatur dalam kontrak yang dijadwalkan berlangsung pada pekan ini.

Pilihan Redaksi: 2 BUMD DKI Butuh Modal Rp 7,6 Triliun untuk Bangun LRT dan MRT Velodrome-Manggarai Tahun Depan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *